Saturday, April 13, 2024
HomeDIY7 Ide DIY Seru untuk Merayakan Hari Raya Idul Fitri

7 Ide DIY Seru untuk Merayakan Hari Raya Idul Fitri

7 Ide DIY Seru untuk Merayakan Hari Raya Idul Fitri

Hari raya Idul Fitri adalah momen yang sangat dinanti-nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain melaksanakan ritual shalat Id yang menjadi tradisi umat Islam, momen ini biasanya juga dirayakan dengan bersilaturahmi dengan keluarga, tetangga, dan teman-teman. Namun, tahun ini pasti sedikit berbeda karena situasi pandemi yang masih berlangsung. Namun, Anda masih bisa melakukan perayaan Idul Fitri dengan cara yang berbeda, yaitu dengan membuat beberapa DIY (Do It Yourself) yang seru. Berikut beberapa ide DIY yang bisa Anda coba untuk merayakan Idul Fitri secara berbeda.

Hiasan Idul Fitri

Untuk memeriahkan suasana rumah saat Idul Fitri, Anda bisa membuat hiasan-hiasan yang bernuansa lebaran. Anda bisa membuat hiasan dinding atau pintu yang terbuat dari kain atau karton berbentuk bintang atau bulan sabit. Bahan-bahan tersebut sangat mudah didapatkan dan murah. Selain membuat suasana rumah menjadi lebih ramah, hiasan-hiasan ini juga akan membuat suasana Idul Fitri Anda semakin meriah.

Hampers Idul Fitri

Salah satu kebiasaan Saat Idul Fitri adalah saling memberikan hadiah atau pernak-pernik hampers dalam rangka untuk mempererat hubungan persaudaraan. Anda bisa mengemas sendiri hampers yang akan diserahkan kepada keluarga atau teman-teman. Isi hampers bisa Anda kreasikan sendiri. Anda bisa membuat kue-kue lebaran, aneka makanan ringan atau buah-buahan. Buatlah kemasannya secara kreatif dan unik, agar tampak lebih berkesan.

Kartu Idul Fitri

Anda bisa membuat kartu ucapan Idul Fitri untuk teman-teman dekat atau keluarga sendiri. Dalam kartu tersebut, Anda bisa menuliskan ucapan yang sopan dan sederhana, namun tetap mengandung nilai-nilai lebaran. Bahan yang dibutuhkan hanya kertas kartu dan cat pemulus. Kreatifitas Anda dapat diaplikasikan melalui unsur kerawang atau lukisan yang digambar langsung pada kertas kartu.

Masjid Mini

Idul Fitri identik dengan suasana pertapaan yang damai dan menggelora. Membuat miniatur masjid bisa menambah kentalnya suasana lebaran. Anda bisa mencari kotak-kotak bekas dalam rumah dan mewarnainya dengan cat yang baru. Kemudian buatlah dasar rumput dari kertas hijau dan beri pohon-pohonan buatan yang juga dibentuk manual. Setelah semua pernak-pernik tadi dirangkai, maka miniatur masjid lebaran siap untuk dijadikan sebagai hiasan dalam rumah Anda.

Baju Meriah

Momen Idul Fitri adalah momen yang cocok bagi Anda untuk menampilkan penampilan terbaik Anda. Namun, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli baju baru. Anda cukup mencari bahan-bahan kain yang biasanya digunakan di saat lebaran, dan mulai menyulapnya menjadi baju cantik. Pastikan baju yang Anda buat mempunyai warna-warna terang dan cerah sehingga bisa menambah semangat dalam perayaan Idul Fitri.

Santunan

Idul Fitri juga memiliki nilai sosial yang sangat kuat. Anda bisa memberikan santunan pada anak-anak yatim piatu dan kaum duafa di lingkungan sekitar rumah. Anda bisa membeli nasi kotak atau paket-paket perabotan sekolah sebagai hampers dari sekolah Anda. Hal seperti ini bisa menjadi momentum menyebarkan semangat sosial kepada mereka yang membutuhkan.

Balon Lebaran

Balon dengan warna-warna yang cerah bisa memberikan sentuhan kemeriahan dalam suasana lebaran. Untuk membuat dekorasi balon cukup mudah, Anda hanya membutuhkan balon dan tali dari benang. Beberapa bahan hiasan seperti brokat atau berkarya foam bisa diberikan secara bebas agar memiliki keunikan tersendiri.

Kesimpulan

Merayakan Idul Fitri pada kondisi yang sedikit berbeda tentu akan membutuhkan imajinasi yang lebih. Anda bisa mencoba beberapa DIY yang seru ini. Jangan lupa untuk mencoba sendiri, meninggalakan beberapa kreasi lebih dan percaya diri untuk memperkenalkan dalam suasana hangat dan keramahan.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan DIY?

DIY adalah kependekan dari Do It Yourself, yaitu segala sesuatu yang dihasilkan dari tangan Anda sendiri tanpa harus membeli produk siap pakai.

2. Apa yang bisa saya buat dengan bahan-bahan yang murah meriah untuk merayakan Idul Fitri?

Anda bisa membuat hiasan-hiasan yang bernuansa lebaran, kartu ucapan, santunan, dan miniatur masjid. Semua bahan-bahan tersebut mudah didapatkan dan murah.

3. Bagaimana cara mengaplikasikan kreatifitas dalam DIY Idul Fitri?

Anda bisa mengeksplorasi bahan-bahan atau ide-ide kreatif seperti menggunakan selembar kertas bekas atau kotak-kotak bekas yang dapat dijadikan sebuah barang hias.

4. Apa saja nilai-nilai yang terkandung dalam memperingati hari raya Idul Fitri?

Nilai-nilai yang terkandung dalam memperingati hari raya Idul Fitri adalah persaudaraan, saling memaafkan, kegembiraan, dan kebersamaan.

5. Apa manfaat yang bisa saya dapatkan dengan melakukan DIY Idul Fitri?

Melakukan DIY saat Idul Fitri akan memicu rasa kreativitas dan menjadi sarana untuk menghias, mempererat tali persaudaraan dan menambah keramahan dalam lingkungan Anda.

6. Bagaimana cara memberi santunan pada anak-anak yatim piatu di saat Idul Fitri?

Anda bisa membeli nasi kotak atau paket-paket perabotan sekolah sebagai hampers dari sekolah Anda dan memberikannya pada orang yang membutuhkan.

7. Apa keuntungan dari DIY Idul Fitri?

Anda bisa menghemat uang dan menciptakan barang hiasan unik dan seru. Anda juga bisa mempertajam kreativitas Anda dan meningkatkan kemampuan tangan Anda. Selain itu, Anda bisa mempererat ikatan dengan keluarga dan teman-teman dengan memberikan hadiah-hadiah yang berasal dari DIY.

Referensi

  • Novi “DIY Idul Fitri.” CNN Indonesia. Situs Web. Diakses pada 20 Mei 2021.
  • “Hiasan Lebaran Dari Barang Bekas.” Rumah.com. Situs Web. Diakses pada 20 Mei 2021.
  • “DIY Hari Raya 2020.” Diva. Situs Web. Diakses pada 20 Mei 2021.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments