Tuesday, March 5, 2024
HomeFashionFashion Street Style di Indonesia: Inspirasi Gaya Terbaru dari Jalanan

Fashion Street Style di Indonesia: Inspirasi Gaya Terbaru dari Jalanan

Fashion Street Style di Indonesia: Inspirasi Gaya Terbaru dari Jalanan

Pendahuluan

Fashion street style di Indonesia semakin menjadi trendsetter yang banyak diikuti masyarakat. Berbicara tentang fashion street style, tidak bisa dipisahkan dari inspirasi gaya terbaru yang berasal dari jalanan. Di Indonesia, banyak daerah memiliki karakteristik fashion street style yang berbeda-beda. Namun, pada dasarnya fashion street style di Indonesia identik dengan paduan busana modern dan tradisional, warna-warna yang mencolok, hingga aksesori yang menonjol.

1. Ciri Khas Fashion Street Style di Indonesia

a. Fashion street style di daerah Jabodetabek

Fashion street style di daerah Jabodetabek cenderung mengarah pada fashion urban yang elegan, minimalis, dan efisien. Busana yang sering dikenakan adalah atasan lengan panjang yang dipadukan dengan rok atau celana panjang. Sedangkan, aksesori yang digunakan cenderung sederhana seperti kacamata hitam, jam tangan, dan tas model tote.

b. Fashion street style di Bali

Bali dikenal sebagai tempat dengan fashion street style yang khas dan beragam. Salah satu ciri khas fashion street style dari Bali adalah penggunaan bahan-bahan tradisional seperti batik dan songket. Selain itu, aksesori yang digunakan pun beragam seperti kalung shell, gelang yang dihiasi dengan bunga-bunga, dan kain tenun sebagai sarung.

c. Fashion street style di Papua

Di Papua, busana yang digunakan cenderung lebih tertutup dan fungsional. Busana tradisional seperti koteka dan baju dengan corak suku pun banyak ditemukan di sana. Selain itu, pakaian berbahan kain bermotif etnik dan aksesori seperti topi Gethek menjadi pilihan banyak orang Papua untuk tampil dalam fashion street style.

2. Fashion Street Style di Indonesia Berbasis Warna-warna Mencolok

Di Indonesia, warna-warna cerah dan mencolok menjadi daya tarik fashion street style. Selain memiliki makna filosofis, warna-warna cerah seperti merah, kuning, hijau, dan ungu juga menunjukkan keberanian dan kepercayaan diri dalam berfashion. Beberapa contoh yang sering ditemukan adalah atasan berwarna neon dipadukan dengan celana jeans, atau rok berbahan satin dengan warna bold seperti pink atau ungu.

3. Aksesori yang Unik sebagai Pembeda Fashion Street Style di Indonesia

a. Topi

Topi sebagai aksesori fashion street style di Indonesia cukup beragam. Ada topi songkok sebagai identitas umat Islam, topi ala army dengan bahan denim untuk menambah kesan maskulin, topi beanie yang cocok dipakai di cuaca dingin, sampai topi gethek yang umumnya dipakai oleh orang Papua.

b. Kacamata

Kacamata terus menjadi aksesori fashion street style yang tidak lekang oleh waktu. Di Indonesia, kacamata dengan model cat-eye banyak dipakai oleh wanita, sedangkan kacamata aviator menjadi pilihan banyak pria. Selain itu, kacamata berbahan kayu maupun kain sebagai alternatif juga banyak diminati.

4. Kendala dalam Berfashion Street Style di Indonesia

Berfashion street style di Indonesia masih dianggap tabu oleh sebagian masyarakat. Hal ini karena pandangan moral dan budaya yang menerima pada busana yang “lengkap dan sopan” seperti batik, kebaya, atau pakaian formal lainnya. Kekhawatiran mengenai sulitnya mencari bahan-bahan fashion street style di Indonesia dan harga yang tinggi juga menjadi kendala dalam berfashion street style.

Penutup

Fashion street style di Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Berbusana dengan sesuai karakteristik wilayah dan menggabungkan unsur modern dengan tradisional menjadi keunikan tersendiri. Meskipun masih dianggap tabu oleh sebagian masyarakat, namun fashion street style di Indonesia terus berkembang dan menjadi trendsetter bagi pecinta fashion.

FAQ

1. Apa itu fashion street style?
Fashion street style adalah gaya berbusana yang mengutamakan keunikan dan kreativitas, terinspirasi dari fashion yang muncul di jalanan dan bukan dari fashion industri resmi.

2. Apa yang membedakan fashion street style dengan fashion konvensional?
Fashion street style lebih mengutamakan gaya improvisasi dan tidak terikat aturan. Sedangkan fashion konvensional lebih mengikuti aturan resmi dalam berbusana.

3. Bagaimana memulai fashion street style?
Memulai fashion street style bisa dimulai dengan mengeksplorasi gaya seseorang, menggali ide dan inspirasi dari internet, media sosial, atau majalah fashion, serta menerapkan kreativitas dalam memadukan busana.

4. Apa yang menjadi kendala dalam berfashion street style?
Kendala dalam berfashion street style adalah pandangan moral dan budaya yang menerima pada busana yang “lengkap dan sopan” serta sulitnya mencari bahan-bahan fashion street style di Indonesia dan harga yang tinggi.

5. Apa yang menjadi ciri khas fashion street style di Indonesia?
Ciri khas fashion street style di Indonesia adalah paduan busana modern dan tradisional, warna-warna yang mencolok, hingga aksesori yang menonjol.

6. Apa manfaat fashion street style?
Fashion street style dapat memperkaya kreativitas dalam berbusana, mengenal berbagai style busana dari berbagai wilayah, serta memberikan kebanggaan atas gaya berfashion yang unik dan khas dari Indonesia.

7. Bagaimana melihat fashion street style di masa depan?
Fashion street style akan terus berkembang mengikuti tren fashion global serta semakin banyak masyarakat Indonesia yang mulai mengenali dan membanggakan gaya fashion street style asli Indonesia.

Referensi

  1. 10 streetwear lokal inspiratif untuk tampil lebih fashionable. Diakses dari https://redscarce.com/fashion/streetwear-lokal/.
  2. 10 akseosri wajib yang harus dimiliki oleh penggemar fashion street style. Diakses dari https://www.fimela.com/fashion-amp-beauty/read/2454504/10-aksesori-wajib-yang-harus-dimiliki-oleh-penggemar-fashion-street-style.
  3. Street fashion Indonesia: exploring Malay ethnic style in Jakarta. Diakses dari https://en.dailymail.co.uk/femail/article-3398968/Street-fashion-Indonesia-exploring-Malay-ethnic-style-Jakarta.html.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments