Saturday, March 2, 2024
HomeCryptoMengenal Jenis-Jenis Crypto Yang Paling Populer di Indonesia

Mengenal Jenis-Jenis Crypto Yang Paling Populer di Indonesia

Mengenal Jenis-Jenis Crypto Yang Paling Populer di Indonesia

Dunia digital saat ini semakin menunjukkan eksistensinya sebagai bagian penting dalam kehidupan manusia. Salah satu bentuknya, yaitu cryptocurrency atau sering disebut sebagai crypto, menjadi topik yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Meskipun masih terdapat beberapa stigma buruk yang melekat di crypto, namun sebagian orang mulai menunjukkan ketertarikan untuk mencoba atau bahkan menginvestasikan uang mereka di crypto. Lalu, apa sajakah jenis-jenis crypto yang paling populer di Indonesia?

1. Bitcoin (BTC)

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Bitcoin adalah satu-satunya jenis crypto yang paling dikenal oleh masyarakat luas. Ditambah lagi, harga Bitcoin cenderung fluktuatif dan sering menjadi perbincangan di berbagai media. Meskipun sering digunakan sebagai investasi, Bitcoin juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran.

2. Ethereum (ETH)

Ethereum merupakan jenis crypto yang lahir setelah Bitcoin. Berbeda dengan Bitcoin, Ethereum mampu mengeksekusi kode program. Dengan demikian, para developer aplikasi dapat menggunakan Ethereum sebagai basis untuk membangun aplikasi berbasis blockchain.

3. Binance Coin (BNB)

Binance Coin merupakan jenis crypto yang digunakan untuk transaksi di platform Binance. Binance sendiri merupakan salah satu exchange terbesar di dunia. Saat ini, Binance Coin telah diterima di berbagai merchant dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran.

4. Ripple (XRP)

Ripple merupakan jenis crypto yang difokuskan pada transaksi lintas negara. Hal ini membuat Ripple menjadi populer di kalangan pengusaha atau pebisnis. Ripple juga memiliki kemampuan untuk melakukan transaksi dalam waktu yang sangat singkat.

5. Tether (USDT)

Tether merupakan jenis crypto yang dibandingkan dengan jenis crypto lainnya lebih stabil karena nilainya dikaitkan dengan nilai dolar Amerika. Tether dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang dapat diandalkan.

6. Dogecoin (DOGE)

Dogecoin muncul pada tahun 2013 sebagai parodi dari Bitcoin. Namun, Dogecoin kini telah menjadi jenis crypto yang cukup populer. Beberapa merchant bahkan telah menerima Dogecoin sebagai alat pembayaran.

7. Cardano (ADA)

Cardano adalah jenis crypto yang berfokus pada penyediaan platform untuk aplikasi berbasis blockchain. Kemampuan Cardano untuk mengeksekusi kode program juga membuatnya populer di kalangan para developer aplikasi.

8. Litecoin (LTC)

Litecoin adalah jenis crypto yang dikembangkan oleh Charlie Lee pada tahun 2011. Litecoin merupkan jenis crypto yang lebih cepat dan lebih murah dibandingkan Bitcoin.

9. Stellar (XLM)

Stellar merupakan jenis crypto yang diorientasikan pada transaksi lintas negara dengan biaya yang rendah. Stellar juga memiliki kelebihan dalam hal keamanan dan privasi.

10. Polkadot (DOT)

Polkadot merupakan jenis crypto yang dikembangkan oleh Gavin Wood yang sebelumnya merupakan pengembang Ethereum. Polkadot dianggap sebagai platform yang sangat inovatif karena mampu memberikan interoperabilitas antar-blockchain.

Kesimpulan

Cryptocurrency mulai menunjukkan eksistensinya di Indonesia dan semakin banyak masyarakat yang menggunakan jenis crypto sebagai alat pembayaran atau investasi. Di Indonesia, jenis crypto yang paling populer adalah Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, Ripple, Tether, Dogecoin, Cardano, Litecoin, Stellar, dan Polkadot.

FAQ

Apakah investasi di crypto aman?

Tidak ada investasi yang benar-benar aman dan pasti memberikan keuntungan, termasuk investasi di crypto. Namun, sebaiknya kita melakukan riset dan analisis terlebih dahulu sebelum melakukan investasi di crypto.

Bagaimana cara membeli crypto di Indonesia?

Ada beberapa exchange crypto yang melayani pembelian crypto di Indonesia, seperti Indodax, Binance, dan Tokocrypto. Anda dapat membuat akun di salah satu exchange dan membeli crypto dengan rupiah.

Bagaimana cara menjual crypto?

Anda dapat menjual crypto di exchange yang sama dengan exchange tempat Anda membelinya. Selain itu, Anda juga dapat menjual crypto di platform peer-to-peer seperti Localbitcoin atau Paxful.

Apa yang harus dilakukan jika lupa password pada akun crypto?

Setiap exchange biasanya memiliki prosedur pemulihan password jika pengguna lupa password. Ikuti prosedur tersebut untuk mengembalikan akses ke akun crypto Anda.

Apa yang harus dilakukan jika terjadi penipuan dalam transaksi crypto?

Ada beberapa cara untuk menghindari penipuan dalam transaksi crypto, seperti melakukan riset terlebih dahulu mengenai reputasi penjual atau buyer. Namun jika sudah terjadi penipuan, segera laporkan ke exchange tempat Anda melakukan transaksi atau ke pihak berwajib.

Apakah crypto cocok untuk investasi jangka panjang?

Investasi di crypto dapat dianggap sebagai investasi jangka panjang. Namun, seperti investasi pada umumnya, selalu ada risiko yang harus diambil. Selalu lakukan analisis terlebih dahulu dan tidak terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan investasi.

Mengapa harga crypto fluktuatif?

Harga crypto seperti Bitcoin dan Ethereum bersifat fluktuatif karena bergantung pada permintaan pasar terhadap jenis crypto tersebut. Perubahan harga juga dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal, seperti kondisi ekonomi global dan berita tentang crypto dari media.

Referensi

  1. https://www.wastrigon.com/100243/marketwatch/popularitas-cryptocurrency-di-indonesia-dan-trendnya-di-tahun-2021/
  2. https://www.techinasia.com/10-popular-cryptocurrencies-indonesia
  3. https://kumparan.com/kumparanbisnis/cryptocurrency-paling-digemari-dan-berpeluang-untuk-diinvestasi-di-tahun-2021-1wi0DrYKtCi
  4. https://indonesia.go.id/ragam/ekonomi-fiskal/cryptocurrency-jangan-takut-cari-tahu-dulu
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments