Tuesday, March 5, 2024
HomeKulinerSerunya Berburu Kuliner Street Food di Yogyakarta: 7 Jajanan yang Menggugah Selera

Serunya Berburu Kuliner Street Food di Yogyakarta: 7 Jajanan yang Menggugah Selera

Serunya Berburu Kuliner Street Food di Yogyakarta:

7 Jajanan yang Menggugah Selera

Jogjakarta, terkenal dengan kekayaan budaya dan seni, juga menawarkan pengalaman kuliner yang unik bagi siapa saja yang berkunjung ke tempat ini. Berburu kuliner street food menjadi salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan di kota ini, karena selain terjangkau, jajanan yang ditawarkan juga sangat lezat.

Berikut adalah 7 jenis jajanan street food yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Jogjakarta:

H1: Gudeg

Gudeg, salah satu masakan khas Jogjakarta, terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Masakan yang dikukus selama beberapa jam ini kemudian disajikan dengan nasi, ayam kampung, dan sambal goreng krecek.

H1: Sate Klathak

Sate Klathak, sate khas Jogja, dibuat dengan menggunakan daging sapi yang dipanggang di atas arang dan dibalur dengan bumbu yang khas. Sate ini memiliki tekstur empuk dan bumbunya sangat kaya.

H1: Bakmi Jowo

Bakmi Jowo adalah mi goreng khas Jogja yang dimasak dengan cara yang unik dan berbeda. Mi ini kemudian disajikan dengan ayam goreng dan sate kerang yang sangat nikmat.

H1: Angkringan

Angkringan adalah tempat makan yang sangat populer di Jogja, yang menawarkan jajanan tradisional dengan harga yang terjangkau. Berbagai macam jajanan seperti nasi kucing, gorengan, dan minuman khas tersedia di tempat ini.

H1: Es Goyobod

Es Goyobod, minuman khas Jogja yang terbuat dari wijen hitam, daun pandan, gula merah dan es serut. Minuman ini sangat menyegarkan dan cocok dinikmati di tempat yang cukup panas.

H1: Jadah Tempe

Jadah Tempe adalah roti tipis yang terbuat dari campuran tepung ketan dan sedikit rempah-rempah. Ini kemudian dibakar dengan terangkat di atas arang hingga matang, lalu dilumuri dengan kecap pedas dan disajikan dengan kentang goreng dan tempe goreng.

H1: Soto Bathok Mbah Katro

Soto Bathok Mbah Katro, soto khas Jogja, disajikan dalam batok sawit yang diisi dengan daging ayam atau sapi dan bumbu rempah yang kaya. Sajian ini kemudian ditambahkan dengan beberapa irisan tomat, serai, dan cabai untuk citarasa yang lebih kaya dan nikmat.

Setelah menikmati jajanan street food yang lezat, sebaiknya kembali ke penginapan dan beristirahat sejenak. Jangan lupa untuk mencoba lagi di tempat lain jika ingin merasakan jajanan street food lain yang tidak bisa dilupakan.

FAQ

H2: Apa Gudeg?

Gudeg adalah makanan khas Jogjakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah.

H2: Apakah Bakmi Jowo sama dengan mi biasa?

Bakmi Jowo adalah mi goreng yang dimasak dengan cara yang unik dan berbeda dari mi goreng biasa, dengan tekstur dan rasa yang lebih khas.

H2: Bagaimana cara menikmati Soto Bathok Mbah Katro?

Soto Bathok Mbah Katro, soto khas Jogja, disajikan dalam batok sawit yang diisi dengan daging ayam atau sapi dan bumbu rempah yang kaya, tambahkan irisan tomat, serai, dan cabai untuk citarasa yang lebih kaya dan nikmat.

H2: Apa keunggulan dari Angkringan?

Angkringan adalah tempat makan yang sangat terjangkau dengan berbagai macam jajanan tradisional dan minuman khas yang tersedia.

H2: Apa saja jajanan di Angkringan Jogja?

Di Angkringan Jogja, Anda bisa menemukan berbagai macam jajanan seperti nasi kucing, gorengan, dan minuman khas.

H2: Apa yang membuat Es Goyobod begitu spesial?

Es Goyobod terbuat dari wijen hitam, daun pandan, gula merah dan es serut yang memberikan rasa segar yang unik.

H2: Dimana bisa mencoba jajanan street food di Jogja?

Jajanan street food Jogja mudah ditemui di sekitar kota dengan mengeksplorasi jalan-jalan dan gang-gang kecil.

Kesimpulan

Jogjakarta, terkenal dengan kekayaan budaya dan seni, juga menawarkan pengalaman kuliner yang unik bagi siapa saja yang berkunjung ke tempat ini. Berburu kuliner street food menjadi salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan di kota ini, karena selain terjangkau, jajanan yang ditawarkan juga sangat lezat. Segera kunjungi Jogjakarta, nikmati sajian jajanan yang dijajakan di pinggir jalan, dan rasakan kelezatannya!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments