Home DIY 10 Proyek DIY yang Mudah Dilakukan di Rumah

10 Proyek DIY yang Mudah Dilakukan di Rumah

0

[ad_1]
## 10 Proyek DIY yang Mudah Dilakukan di Rumah

### Pendahuluan
Dalam pandemi COVID-19, banyak orang di seluruh dunia dipaksa untuk tetap berada di rumah untuk berhenti menyebar. Oleh karena itu, kegiatan DIY menjadi tren saat ini karena banyak orang ingin memanfaatkan waktu di rumah mereka dengan membuat kreasi sendiri. Berikut adalah 10 proyek DIY sederhana yang bisa dilakukan di rumah.

### 1. Membuat Tanaman Hias Dari Kertas Bekas
Orang dapat membuat tanaman hias dari kertas bekas. Dengan membuat berbagai bahan yang mudah ditemukan, seperti lem, gunting, kertas. Pertama, potong kertas menjadi bentuk yang Anda inginkan, lalu rekatkan dengan lem dan rekatkan potongan kertas pada batang kayu atau plastik. Kemudian letakkan tanah di dalam pot dan taruh tanaman hias yang sudah dibuat.

### 2. Menghias Gallon Bekas
Galon bekas yang biasanya dibuang, dapat diubah menjadi sebuah kerajinan yang indah. Pertama, cuci bersih dan keringkan. Langkah selanjutnya, letakan kain atau warna yang hendak digunakan, lalu rekatkan tali atau kawat yang diikatkan mengelilingi galon. Terakhir letakkan pot bunga di atasnya.

### 3. Membuat Rak Sendiri
Rak dapat dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat, seperti kayu, cat, gergaji, palu, dan paku. Pertama, gergaji kayu menjadi bentuk serta ukuran yang terdapat di pikiran, kemudian cat rak tersebut. Setelah cat kering, jepit kayu dengan palu dan paku untuk merakitnya.

### 4. Membuat Gantungan Kunci dengan Popsicle Stick
Berikut adalah cara membuat gantungan kunci dengan Popsicle Stick. Pertama, tempelkan Popsicle Sticks membentuk bentuk yang diinginkan, lalu keringkan. Selanjutnya, cat Popsicle sticks dengan warna yang ingin Anda pilih dan letakkan kaleng pukul dengan “O” kecil pada Popsicle Stick dan ikat dengan tali.

### 5. Membuat Tempat Tissue Dari Bambu Bekas
Sangat mudah untuk membuat tempat tisu dari bambu bekas. Pertama, potong bambu menjadi bentuk yang Anda inginkan kemudian rekatkan dengan lem sesuai ukuran yang diinginkan. Terakhir, letakkan tisu di dalam tempat yang sudah dibuat.

### 6. Membuat Lukisan Sendiri
Orang dapat berkreasi dengan membuat lukisan sendiri dan mempercantik rumah secara sendiri. Pertama, siapkan canvas, kuas, dan cat yang diinginkan. Kemudian mulailah menciptakan lukisan dengan gaya warna yang kamu suka.

### 7. Membuat Kerajinan Seni Dari Hot Glue Gun
Hot Glue Gun dapat digunakan untuk membuat kerajinan seperti karya seni. Pertama, buat desain yang ingin kamu ciptakan, kemudian gunakan Hot Glue Gun dengan hati-hati untuk mengikiut desain tersebut.

### 8. Membuat Gelang Dari Bahan-Bahan Bekas
Gelang dapat dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak terpakai seperti kain dan tali. Pertama, siapkan bahan yang terdiri dari tali dan kain beberapa ukuran. Kemudian ikat tali dan lilitkan ke kain sesuai dengan selera.

### 9. Membuat Cushion Cover Dari Kain Bekas
Jika Anda memiliki kain bekas di rumah, Anda bisa mencoba membuat cushion cover. Pertama, ukur bantal yang ingin ditutup. Lalu gunting kain sesuai ukuran yang telah diukur dan jahit kain dengan pilihan pola yang diinginkan.

### 10. Membuat Sabun Sendiri
Orang dapat menciptakan sabun sendiri dengan mudah menggunakan produk yang dapat mudah didapat di toko bahan kimia. Dalam hal ini, lebih baik jika menggunakan bahan yang aman dan ramah lingkungan. Pertama, Anda harus mencairkan Sabun Glycerin secukupnya kemudian tambahkan aroma dan bahan lain yang diinginkan.

### Kesimpulan
Berkreasi dengan melakukan proyek DIY di rumah adalah salah satu cara yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dalam pandemi COVID-19. Bahkan orang dapat melakukannya dengan mudah dan menggunakan barang-barang yang mudah ditemukan di rumah. Jadi, tidak ada salahnya mencoba membuat proyek DIY sederhana di rumah?

### FAQ
#### 1. Apakah bahan-bahan proyek DIY bisa ditemukan di rumah?
Ya, banyak bahan-bahan DIY yang dapat ditemukan di rumah, seperti kayu, gunting, kain, asbes, dll.

#### 2. Apakah membutuhkan keterampilan khusus saat melakukan proyek DIY?
Tidak, proyek DIY dapat dilakukan oleh siapa saja, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman.

#### 3. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek DIY?
Waktu yang dibutuhkan tergantung pada skala proyek DIY yang dipilih, bisa berlangsung dari beberapa jam sampai beberapa hari.

#### 4. Apakah harus memerlukan biaya mahal untuk proyek DIY?
Tidak, banyak proyek DIY yang bisa dilakukan dengan budget yang murah.

#### 5. Bisa tidak proyek DIY dilakukan dengan bahan bekas?
Tentu saja, banyak proyek DIY yang dapat dilakukan dengan bahan bekas dan malah menjadi lebih ramah lingkungan.

#### 6. Apakah proyek DIY hanya untuk kepentingan rumah tangga saja?
Tidak, proyek DIY tidak hanya cocok untuk kepentingan rumah tangga, tetapi juga untuk menyediakan ide bisnis baru.

#### 7. Bagaimana cara menyimpan proyek DIY yang sudah selesai?
Menyimpan proyek DIY selesai di lokasi yang sesuai, seperti ruang tamu atau kamar tidur, dapat meningkatkan tampilan rumah Anda.

### Referensi
– Membuat Pot dari Kertas Newspaper. Diambil dari https://www.popmama.com/lifehacks/craft/solikin-wardani/pengalaman-bikin-pot-tanaman-dari-kertas-newspaper/2
– Membuat Tempat Tissue Dari Bambu. Diambil dari https://www.beautynesia.id/tips/cara-membuat-tempat-tissue-dari-bambu-bekas35-7
– Membuat Gelang Dari Bahan Bekas. Diambil dari https://craftlog.com/id/kreasi-dari-kain/cara-membuat-gelang-dari-bahan-bekas-3epyz
– Membuat Sabun Glycerin. Diambil dari https://www.berrybenka.com/beauty-tips/cara-membuat-sabun-gliserin-diy-sabun-alami-sendiri-di-rumah/
[ad_2]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here