Tuesday, March 5, 2024
HomeKuliner5 Olahan Seafood yang Menggugah Selera di Surabaya

5 Olahan Seafood yang Menggugah Selera di Surabaya

5 Olahan Seafood yang Menggugah Selera di Surabaya

Surabaya, kota terbesar di Jawa Timur yang terkenal dengan kekayaan kuliner, khususnya seafood. Kehadiran seafood di Surabaya dapat ditemukan di sepanjang pantai utara dan selatan kota ini. Sebagai salah satu destinasi kuliner terbaik di Indonesia, Surabaya menyajikan 5 olahan seafood yang patut dicicipi.

1. Sate Kelapa

Sate Kelapa merupakan olahan seafood yang terbuat dari daging ikan tengiri atau ikan tenggiri yang dilumuri dengan bumbu kacang dan kelapa parut kemudian dibakar. Sate Kelapa memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih. Olahan ini biasanya disajikan dengan nasi putih, irisan mentimun dan bawang merah.

2. Pecel Lele

Pecel Lele merupakan olahan yang terbuat dari ikan lele goreng yang disiram dengan bumbu kacang yang khas. Ikan lele yang digunakan dipilih yang masih segar dan diolah dengan cara digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Pecel Lele biasanya disajikan dengan nasi, sayur kangkung, dan sambal khas Surabaya.

3. Cumi Goreng Tepung

Cumi Goreng Tepung merupakan olahan seafood yang terbuat dari cumi yang dibalut dengan tepung jagung dan kemudian digoreng hingga matang. Olahan ini terkenal dengan teksturnya yang renyah dan rasa yang gurih. Cumi Goreng Tepung biasanya disajikan dengan sambal kecap dan nasi putih.

4. Gurame Goreng

Gurame Goreng adalah olahan seafood yang terbuat dari ikan gurame yang digoreng hingga matang. Ikan gurame yang digunakan biasanya dipilih yang masih segar dan diolah dengan cara digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Gurame Goreng biasanya disajikan dengan sambal kecap, nasi putih, dan sayur lodeh.

5. Udang Galah Goreng

Udang Galah Goreng merupakan olahan seafood yang terbuat dari udang galah yang dibalut dengan tepung kemudian digoreng hingga matang. Udang Galah Goreng terkenal dengan teksturnya yang renyah dan rasa yang gurih. Olahan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal.

FAQ

1. Apa yang membuat seafood di Surabaya berbeda dengan kota lain?

Surabaya memiliki akses yang mudah ke laut dan kekayaan bahan makanan yang melimpah. Selain itu, cita rasa seafood di Surabaya unik karena dipengaruhi oleh berbagai kebudayaan yang berkembang di kota ini.

2. Apa makanan seafood yang paling populer di Surabaya?

Sate Kelapa, Pecel Lele, Cumi Goreng Tepung, Gurame Goreng, dan Udang Galah Goreng adalah makanan seafood yang paling populer di Surabaya. Kebanyakan restoran seafood di Surabaya menyajikan makanan-makanan tersebut.

3. Di mana saya dapat menemukan restoran seafood di Surabaya?

Beberapa daerah di Surabaya yang terkenal dengan restoran seafood adalah di sepanjang pantai utara dan selatan. Anda juga dapat menemukan restoran seafood di pusat kota Surabaya.

4. Apa jenis minuman yang cocok untuk disajikan dengan makanan seafood di Surabaya?

Air kelapa, es teh, dan es jeruk adalah minuman yang cocok untuk disajikan dengan makanan seafood di Surabaya. Selain itu, Anda juga dapat mencoba jeruk nipis yang dicampur dengan air berkarbonasi.

5. Apa yang membuat olahan seafood di Surabaya unik?

Olahan seafood di Surabaya unik karena dipengaruhi oleh kebudayaan lokal seperti kebudayaan Arab, Tionghoa, dan Melayu. Selain itu, penggunaan bumbu dan rempah yang khas juga membuat olahan seafood di Surabaya memiliki cita rasa yang unik.

6. Bagaimana cara memasak seafood yang enak?

Untuk memasak seafood yang enak, pilihlah bahan makanan yang segar dan perhatikan cara pengolahannya. Selain itu, tambahkan bumbu dan rempah yang sesuai agar makanan seafood memiliki cita rasa yang lezat.

7. Bagaimana cara menyajikan seafood yang benar?

Seafood dapat disajikan dengan berbagai macam cara seperti digoreng, dibakar, atau direbus. Pastikan seafood matang sempurna sebelum disajikan. Selain itu, tambahkan bumbu dan rempah yang sesuai serta sertakan nasi, sayur, dan sambal sebagai pelengkapnya.

Kesimpulan

Surabaya tidak hanya terkenal dengan kekayaan budaya dan sejarahnya tetapi juga terkenal dengan kekayaan kuliner seafoodnya yang lezat dan menggugah selera. Sate Kelapa, Pecel Lele, Cumi Goreng Tepung, Gurame Goreng, dan Udang Galah Goreng adalah beberapa contoh olahan seafood yang patut dicicipi. Jangan lupa untuk mencoba makanan-makanan tersebut saat berada di Surabaya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments