Saturday, April 13, 2024
HomeInvestasiBagaimana Investasi Obligasi dapat Memberikan Keuntungan di Indonesia

Bagaimana Investasi Obligasi dapat Memberikan Keuntungan di Indonesia

Bagaimana Investasi Obligasi dapat Memberikan Keuntungan di Indonesia

Obligasi adalah surat berharga yang memungkinkan pemiliknya untuk meminjamkan uang kepada penerbit obligasi selama jangka waktu tertentu dengan tingkat bunga yang tetap. Dalam investasi, obligasi adalah instrumen yang popular karena dapat memberikan keuntungan yang stabil dan relatif lebih aman dibandingkan dengan saham. Bagaimana obligasi dapat memberikan keuntungan di Indonesia? Simak penjelasan berikut.

1. Meningkatnya Kredit Korporasi

Kredit korporasi adalah kredit yang diberikan oleh bank kepada perusahaan. Semakin banyak perusahaan yang membutuhkan dana, semakin tinggi juga permintaan untuk obligasi. Peningkatan kredit korporasi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mengindikasikan bahwa obligasi menjadi instrumen investasi yang semakin menarik bagi investor.

2. Stabilitas Tingkat Suku Bunga

Tingkat suku bunga di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir relatif stabil. Hal ini memberikan keuntungan bagi investor obligasi karena kemungkinan besar tingkat bunga yang dijanjikan oleh penerbit obligasi akan tetap sama. Sehingga, investor dapat memperkirakan dengan jelas besarnya pendapatan yang akan didapatkan di masa depan.

3. Beragamnya Jenis Obligasi

Di Indonesia, obligasi tersedia dalam berbagai jenis, seperti obligasi konversi, obligasi negara, dan obligasi korporasi. Hal ini memberikan kesempatan bagi investor untuk memilih jenis obligasi yang sesuai dengan tujuan investasi dan profil risiko masing-masing.

4. Dapat Diperjualbelikan

Obligasi dapat diperjualbelikan di pasar sekunder. Artinya, jika investor tidak ingin menunggu jatuh tempo obligasi, ia dapat menjual obligasinya di pasar sekunder dengan harga yang mungkin lebih tinggi atau lebih rendah dari harga awal. Selain itu, obligasi juga dapat dijadikan aset jaminan dalam mengajukan pinjaman.

5. Sebagai Diversifikasi Portofolio

Investor dapat memasukkan obligasi sebagai salah satu diversifikasi portofolio mereka. Obligasi memberikan alternatif investasi yang lebih stabil dan aman dibandingkan dengan saham dan properti. Diversifikasi portofolio dapat membantu mengurangi risiko investasi.

6. Terdapat berbagai pilihan penerbit obligasi

Tidak hanya bank, penerbit obligasi di Indonesia juga berasal dari perusahaan swasta maupun pemerintah. Hal ini memberikan keuntungan bagi investor karena dapat memilih penerbit obligasi yang dianggap kredibel dan memiliki risiko yang rendah.

7. Keuntungan Pajak

Obligasi pada umumnya dikenakan pajak yang lebih rendah dibandingkan dengan bunga deposito bank. Pada kategori pajak penghasilan (PPh) atas bunga deposito, pajak yang harus ditarik adalah PPh 20%. Sedangkan pada pajak obligasi hanya dikenakan sebesar 10%. Hal ini tentu saja memberikan keuntungan bagi investor dalam mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Kesimpulan

Investasi obligasi dapat memberikan keuntungan bagi investors karena obligasi memungkinkan investor untuk memperoleh penghasilan berupa bunga secara teratur yang relatif stabil dan aman. Pada saat yang sama, investor dapat membuat diversifikasi portofolio mereka dan menambah nilai keuangannya. Dalam jangka panjang, investasi obligasi sangat menguntungkan dan merupakan alternatif yang menarik bagi siapa saja yang ingin membangun kekayaan mereka.

Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Apa itu obligasi?

Obligasi adalah surat berharga yang memberikan hak pada pemiliknya untuk meminjamkan uang kepada penerbit obligasi selama jangka waktu tertentu dengan tingkat bunga yang tetap.

Apa jenis obligasi yang tersedia di Indonesia?

Di Indonesia, tersedia berbagai jenis obligasi, seperti obligasi konversi, obligasi negara, dan obligasi korporasi.

Apa keuntungan investasi obligasi?

Investasi obligasi dapat memberikan penghasilan bunga secara teratur yang relatif stabil dan aman, serta memberikan alternatif investasi yang lebih stabil dan aman dibandingkan dengan saham dan properti.

Bagaimana cara membeli obligasi?

Obligasi dapat dibeli melalui perantara sekuritas atau langsung dari penerbit obligasi.

Apakah investasi obligasi memiliki risiko?

Ya, seperti investasi lainnya, investasi obligasi juga memiliki risiko. Namun, risiko dari obligasi relatif lebih rendah dibandingkan dengan saham.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh keuntungan dari obligasi?

Waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh keuntungan dari obligasi tergantung pada jangka waktu investasi dan tingkat bunga yang dijanjikan oleh penerbit obligasi.

Bagaimana cara menghitung keuntungan dari obligasi?

Keuntungan dari obligasi dapat dihitung dengan menggunakan rumus: Keuntungan = Nilai Nominal x Tingkat Bunga yang Di Janjikan x Jangka Waktu Investasi.

Referensi

  • Otoritas Jasa Keuangan. (2020). Panduan Investasi. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.
  • CNBC Indonesia. (2021). Obligasi Pemerintah vs Obligasi Swasta, Mana Paling Mantap?
  • Bank Indonesia. (2020). Suku Bunga.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments