Saturday, March 2, 2024
HomeKulinerJajanan Pasar Favorit yang Wajib Dicicipi di Yogyakarta

Jajanan Pasar Favorit yang Wajib Dicicipi di Yogyakarta

Jajanan Pasar Favorit yang Wajib Dicicipi di Yogyakarta

Makanan pasar atau jajanan pasar adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini biasanya dijual di pasar tradisional atau di pinggir jalan. Di Yogyakarta, terdapat berbagai macam jajanan pasar yang harus dicicipi. Berikut ini adalah beberapa jajanan pasar favorit yang wajib dicicipi di Yogyakarta.

1. Gudeg

Gudeg adalah masakan khas dari Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda dan dimasak dengan santan. Gudeg bisa dijadikan sebagai makanan utama atau sebagai lauk pauk. Gudeg sering dibuat dengan tambahan ayam atau telur sebagai pelengkap.

2. Sate Klathak

Sate Klathak adalah sate yang dibuat dari daging sapi atau ayam. Sate Klathak ini merupakan sate yang berbeda dari sate yang biasa kita temukan di daerah lain. Sate Klathak ini ditusuk menggunakan batang bambu dan dibuat dengan cara dibakar diatas bara api.

3. Geplak

Geplak adalah jajanan pasar yang terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan gula merah dan tepung ketan. Geplak biasanya dijual dalam bentuk bulat kecil dengan warna yang bervariasi seperti hijau muda, kuning atau coklat.

4. Angkringan

Angkringan adalah tempat makan yang sangat populer di Yogyakarta. Angkringan biasanya terdiri dari meja dan kursi yang sederhana dan makanan yang disajikan dengan harga yang sangat terjangkau. Beberapa makanan yang biasa disajikan di angkringan adalah nasi kucing, sate, tahu dan tempe goreng, serta wedang jahe.

5. Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti adalah makanan khas Yogyakarta yang paling terkenal. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang diiris tipis-tipis, dicampur dengan cabe rawit dan bumbu-bumbu lainnya. Makanan ini sangat pedas dan cocok untuk penggila makanan pedas.

6. Jadah Tempe

Jadah Tempe adalah makanan yang terbuat dari ketan yang dicampur dengan tempe. Jadah Tempe biasanya dimakan dengan sambal terasi atau dengan gula aren.

7. Bakmi Jowo

Bakmi Jowo adalah mie rebus yang biasa dijual di pasar-pasar tradisional di Yogyakarta. Mie ini disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan diberi tambahan irisan ayam, tauge, bawang goreng dan seledri.

FAQ

1. Apa itu jajanan pasar?

Jajanan pasar adalah makanan yang biasanya dijual di pasar tradisional atau di pinggir jalan.

2. Apa saja jajanan pasar favorit yang harus dicicipi di Yogyakarta?

Beberapa jajanan pasar favorit yang wajib dicicipi di Yogyakarta adalah gudeg, sate klathak, geplak, angkringan, oseng mercon, jadah tempe, dan bakmi jowo.

3. Dimana bisa mencari jajanan pasar di Yogyakarta?

Jajanan pasar biasanya dijual di pasar tradisional atau di pinggir jalan. Selain itu, juga bisa ditemukan di warung-warung atau restoran-restoran yang khusus menjual makanan khas daerah.

4. Apakah semua jajanan pasar itu halal?

Sebagian besar jajanan pasar yang dijual di Yogyakarta halal. Namun, tetap perlu bertanya kepada penjualnya untuk memastikan.

5. Bagaimana cara memesan jajanan pasar di daerah Yogyakarta?

Anda bisa memesan jajanan pasar langsung kepada penjual di pasar tradisional atau angkringan. Selain itu, juga bisa memesannya melalui aplikasi pesan antar makanan.

6. Apakah ada jajanan pasar yang aman dikonsumsi oleh anak-anak?

Beberapa jajanan pasar seperti geplak, jadah tempe, dan bakmi jowo aman dikonsumsi oleh anak-anak. Namun, tetap perlu memperhatikan takaran karena beberapa jajanan pasar mengandung gula dan penyedap rasa.

7. Apa saja bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan jajanan pasar?

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan jajanan pasar bervariasi tergantung jenis jajanan yang dibuat. Beberapa bahan yang sering digunakan adalah ketan, kelapa parut, daging sapi atau ayam, tahu, tempe, dan berbagai macam bumbu-bumbu.

Kesimpulan

Yogyakarta adalah kota yang terkenal dengan makanan khasnya. Jajanan pasar menjadi salah satu daya tarik kota ini yang patut dicicipi. Beragam jenis jajanan pasar dapat ditemukan di sana, mulai dari gudeg, sate klathak, geplak, angkringan, oseng mercon, jadah tempe, dan bakmi jowo. Semua jajanan pasar ini memiliki rasa dan cita rasa yang khas serta dibuat dengan bahan-bahan yang bervariasi. Mencicipi berbagai jajanan pasar tersebut dapat menjadi pengalaman kuliner yang menarik ketika berkunjung ke Yogyakarta.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments