Home Kuliner Mencicipi Variasi Rendang yang Berbeda di Padang

Mencicipi Variasi Rendang yang Berbeda di Padang

0

[ad_1]
# Mencicipi Variasi Rendang yang Berbeda di Padang

Rendang, hidangan tradisional dari Padang, Sumatra Barat, Indonesia, sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Hidangan yang dibuat dari daging sapi, santan, dan bumbu-bumbu rempah ini telah menjadi hidangan favorit di seluruh dunia. Namun di Padang sendiri, ternyata ada banyak variasi rendang yang berbeda-beda. Berikut beberapa variasi rendang yang bisa dijajal di Padang.

## Rendang Tunjang

Rendang Tunjang merupakan salah satu variasi rendang yang cukup unik karena menggunakan bagian kaki sapi sebagai bahan utamanya. Seperti rendang pada umumnya, Rendang Tunjang juga dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu rempah yang khas. Namun, karena menggunakan bagian kaki sapi, daging pada Rendang Tunjang memiliki tekstur yang lebih kenyal dan empuk.

## Rendang Ampiang Dadiah

Rendang Ampiang Dadiah merupakan variasi rendang yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bahan dasar dadiah atau yogurt khas Padang. Rendang Ampiang Dadiah memiliki rasa yang lebih asam dan kaya akan rempah sehingga sangat cocok untuk disantap dalam jumlah yang banyak.

## Rendang Balado

Rendang Balado adalah variasi rendang yang lebih pedas karena bahan utamanya adalah cabe dan cabai rawit yang dihaluskan bersama-sama dengan daging sapi. Selain itu, Rendang Balado juga ditambahkan dengan bahan-bahan rempah lain yang membuatnya semakin enak.

## Rendang Karinding

Rendang Karinding juga adalah variasi rendang yang cukup unik karena menggunakan bahan tambahan yaitu keripik daging cincang atau karinding. Karinding sendiri merupakan camilan khas Padang yang terbuat dari daging sapi atau kerbau yang sudah diasinkan dan kemudian dikeringkan. Rendang Karinding memiliki rasa yang unik dan tentunya sangat lezat.

## Rendang Goreng

Rendang Goreng adalah variasi rendang yang dimasak dengan cara digoreng. Daging sapi yang sudah diolah dengan bumbu rendang dibalut dengan tepung dan kemudian digoreng hingga matang. Rendang Goreng memiliki tekstur yang renyah dan kering di luar tapi tetap empuk di dalam.

## Rendang Jengkol

Rendang Jengkol adalah variasi rendang yang sangat penuh dengan rasa dan aroma rempah-rempah. Bahan utamanya adalah jengkol yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Padang. Meski memiliki aroma yang cukup kuat, Rendang Jengkol sangat enak jika disantap dengan nasi hangat dan sambal pedas.

## Rendang Daging Kambing

Rendang Daging Kambing juga merupakan variasi rendang yang sering dijumpai di Padang. Rendang yang satu ini menggunakan daging kambing sebagai bahan utamanya. Selain itu, Rendang Daging Kambing juga memiliki rempah-rempah yang lebih kuat dan pedas dibandingkan dengan rendang yang lain.

Setelah mencicipi berbagai variasi rendang yang berbeda, pastinya Anda akan menyadari betapa kaya dan uniknya kuliner Padang. Rasanya yang lezat dan bumbu rempah yang khas menjadi ciri khas kekayaan kuliner Indonesia yang memang sudah sangat mendunia. Jika Anda pernah berkunjung ke Padang, jangan lupa untuk mencicipi berbagai variasi rendang yang berbeda dan mencoba sensasi baru dalam santapan hidangan khas Padang.

## FAQ

### Apakah rendang hanya dimasak dengan daging sapi?

Tidak, ada beberapa variasi rendang yang menggunakan bahan dasar lain seperti kaki sapi, daging kambing, dan bahkan jengkol.

### Apakah rendang memiliki rasa yang sama pada setiap variasinya?

Tidak, setiap variasi rendang memiliki rasa yang berbeda-beda bergantung pada bahan tambahan yang digunakan.

### Apakah rendang harus disajikan dengan nasi?

Meskipun rendang sering disajikan dengan nasi, sebenarnya rendang juga enak untuk dimakan tanpa nasi atau bahkan sebagai isian dalam roti.

### Apakah rendang hanya berasal dari Padang?

Ya, rendang adalah hidangan tradisional khas Padang, Sumatera Barat, Indonesia.

### Apakah rendang bisa tahan lama?

Ya, karena rendang dimasak dengan cara dikeringkan, rendang bisa tahan lama sampai kurang lebih dua minggu jika disimpan dalam lemari es.

### Apakah semua orang bisa makan rendang?

Ya, namun bagi yang memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu seperti kacang atau rempah-rempah tertentu, sebaiknya memperhatikan kandungan bahan dalam rendang sebelum memakan hidangan ini.

### Apakah rendang sehat untuk dikonsumsi?

Meskipun rendang memiliki rasa yang lezat, namun karena menggunakan santan dan bumbu rempah yang banyak, rendang sebaiknya dikonsumsi secukupnya agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

## Referensi

https://www.fimela.com/lifestyle/read/3373270/resep-unik-masakan-rendang-di-padang-yang-wajib-dicoba
https://www.idntimes.com/food/dining-guide/hanifah-arinda-1/resep-rendang-versi-pengucapan-padang/full
https://www.blibli.com/friends/kuliner/5-jenis-rendang-khas-padang-yang-wajib-kamu-coba/2070252
https://www.pos-jambi.com/berita/27706-rendang-goreng-ajib-asal-padang
https://urbanasia.com/indonesia/jengkol-the-pungent-bean/
[ad_2]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here