Saturday, March 2, 2024
HomeFashionMenjaga Lingkungan dengan Fashion Berkelanjutan di Indonesia

Menjaga Lingkungan dengan Fashion Berkelanjutan di Indonesia

Menjaga Lingkungan dengan Fashion Berkelanjutan di Indonesia

Fashion berkelanjutan telah menjadi tren global dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di Indonesia. Inisiatif ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif industri fashion pada lingkungan dan masyarakat sekitar. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana menjaga lingkungan dengan fashion berkelanjutan di Indonesia.

Pengertian Fashion Berkelanjutan

Fashion berkelanjutan adalah konsep pengembangan fashion yang bertanggung jawab dan memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi dalam seluruh tahap proses produksi. Seluruh tahap ini meliputi proses desain, penciptaan, produksi, distribusi, dan penggunaan produk fashion yang sepenuhnya mempertimbangkan dampak yang ditimbulkan terhadap alam dan manusia.

Dampak Negatif Industri Fashion pada Lingkungan

Industri fashion merupakan salah satu industri besar di dunia yang memiliki dampak negatif pada lingkungan. Beberapa dampak negatif dari industri fashion adalah sebagai berikut:

  1. Pencemaran Air dan Tanah

Industri fashion menghasilkan limbah cair dan padat yang mencemari air dan tanah. Bahan kimia berbahaya seperti pewarna dan bahan pengawet diperlukan dalam proses produksi yang dapat menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan.

  1. Emisi Gas Rumah Kaca

Industri fashion menghasilkan emisi gas rumah kaca yang pada akhirnya dapat mempercepat perubahan iklim dunia.

  1. Penggunaan Air yang Berlebihan

Industri fashion memerlukan penggunaan air yang besar dalam proses produksi, terutama pada proses pencucian dan pengeringan kain.

Fashion Berkelanjutan di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar untuk memprakarsai pengembangan fashion berkelanjutan. Beberapa inisiatif yang dilakukan di Indonesia untuk mendukung konsep fashion berkelanjutan antara lain:

  1. Penggunaan Bahan Alam

Industri fashion di Indonesia mulai beralih dari penggunaan bahan sintetis ke bahan alam seperti kapas, bambu, dan lain-lain. Penggunaan bahan alam dapat mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

  1. Memperhatikan Aspek Sosial

Industri fashion berkelanjutan di Indonesia juga memperhatikan aspek sosial dengan memberdayakan masyarakat lokal dalam produksi dan pemasaran produk fashion berkelanjutan.

  1. Mendorong Eco-Friendly Fashion

Industri fashion di Indonesia juga mulai mendorong eco-friendly fashion dengan mengkampanyekan penggunaan produk fashion yang ramah lingkungan.

Keuntungan Fashion Berkelanjutan

Fashion berkelanjutan membawa berbagai manfaat bagi lingkungan, di antaranya:

  1. Mengurangi Pencemaran Lingkungan

Fashion berkelanjutan dapat mengurangi pencemaran lingkungan dengan mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya dalam proses produksi.

  1. Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Dengan mengurangi penggunaan bahan sintetis, industri fashion berkelanjutan akan mengurangi emisi gas rumah kaca.

  1. Meningkatkan Kualitas Hidup

Fashion berkelanjutan dapat meningkatkan kualitas hidup dengan memberi penghasilan kepada masyarakat lokal dan juga mendukung pengembangan produk fashion yang ramah lingkungan.

Konklusi

Fashion berkelanjutan adalah langkah penting untuk menjaga lingkungan dan menciptakan produk fashion yang bertanggung jawab. Di Indonesia, inisiatif ini telah dilakukan melalui penggunaan bahan alam, memperhatikan aspek sosial, dan mendorong eco-friendly fashion. Dengan menjaga lingkungan dengan fashion berkelanjutan, kita dapat meningkatkan kualitas hidup dan menciptakan dunia yang lebih baik.

FAQ

Apa itu fashion berkelanjutan?

Fashion berkelanjutan adalah konsep pengembangan fashion yang bertanggung jawab dan memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi dalam seluruh tahap proses produksi.

Apa dampak negatif industri fashion pada lingkungan?

Dampak negatif dari industri fashion pada lingkungan antara lain adalah pencemaran air dan tanah, emisi gas rumah kaca, serta penggunaan air yang berlebihan.

Apa itu eco-friendly fashion?

Eco-friendly fashion adalah produk fashion yang ramah lingkungan, dalam artian penggunaan bahan yang ramah lingkungan serta pengembangan produk yang mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

Apa manfaat dari fashion berkelanjutan?

Manfaat dari fashion berkelanjutan antara lain mengurangi pencemaran lingkungan, mengurangi emisi gas rumah kaca, serta meningkatkan kualitas hidup melalui memberikan penghasilan kepada masyarakat lokal.

Apa inisiatif yang dilakukan di Indonesia untuk mendukung fashion berkelanjutan?

Di Indonesia, beberapa inisiatif yang dilakukan untuk mendukung fashion berkelanjutan antara lain penggunaan bahan alam, memperhatikan aspek sosial, serta mengkampanyekan penggunaan produk fashion yang ramah lingkungan.

Referensi

  1. https://www.unep.org/news-and-stories/story/tackling-environmental-impact-fast-fashion
  2. https://sustainablefashion.id/
  3. https://www.eloquencestyle.com/blog/sustainable-fashion-in-indonesia
  4. https://www.gogreenvia.com/fashion-berkelanjutan/
  5. https://merahputih.com/post/read/memanfaatkan-alam-dalam-fashion-berkelanjutan-di-indonesia
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments