Thursday, November 30, 2023
HomeSejarahMisi Kristoforus Columbus ke Bumi Nusantara: Fakta-fakta Menarik yang Tidak Anda Ketahui

Misi Kristoforus Columbus ke Bumi Nusantara: Fakta-fakta Menarik yang Tidak Anda Ketahui

Misi Kristoforus Columbus ke Bumi Nusantara: Fakta-fakta Menarik yang Tidak Anda Ketahui

Siapa Kristoforus Columbus?

Kristoforus Columbus adalah penjelajah dari Kepulauan Canary. Ia memiliki impian untuk menemukan jalur laut alternatif ke barat menuju Asia, dengan maksud untuk memperdagangkan rempah-rempah secara langsung.

Apa Misi Columbus?

Misi Columbus adalah mencari jalur laut alternatif untuk mencapai Asia dan memperdagangkan rempah-rempah. Ia melakukan tiga ekspedisi dari Spanyol antara tahun 1492 dan 1502, mencapai sebagian besar wilayah Karibia, Amerika Tengah, dan Selatan.

Fakta-fakta Menarik tentang Misi Columbus ke Bumi Nusantara

1. Tidak pernah mencapai Bumi Nusantara

Meskipun Columbus melakukan banyak perjalanan ke Amerika dan Bahama, ia tidak pernah mencapai Bumi Nusantara. Hal ini mungkin karena ia hanya melakukan perjalanan ke arah barat dari Spanyol.

2. Baik hati pada penduduk asli

Meskipun Columbus menjadi terkenal karena penjajahannya yang brutal di Amerika Tengah dan Selatan, ia dilaporkan bersikap baik pada penduduk asli selama perjalanan keduanya pada tahun 1493.

3. Bukan orang pertama yang menemukan Amerika

Columbus bukanlah orang pertama yang menemukan Amerika. Bangsa Viking telah melakukan penjelajahan di Amerika Utara lebih dari 400 tahun sebelum Columbus, dan orang-orang asli Amerika juga telah tinggal di sana selama ribuan tahun sebelumnya.

4. Kesalahan dalam menghitung jarak

Columbus salah dalam menghitung jarak antara Eropa dan Asia, sehingga ia meyakini bahwa ia telah mencapai Asia ketika ia tiba di Amerika. Hal ini bahkan terlihat dalam suratnya ke penguasa Spanyol yang menggambarkan indigen sebagai “orang India” dan sebutan “West Indies” yang masih tersisa hingga saat ini.

5. Pengaruh Kristoforus Columbus di Negara-negara Eropa

Kristoforus Columbus menjadi ikon yang membangkitkan semangat penjelajahan dan pengembangan di Eropa. Ia adalah salah satu pengilham untuk penjelajahan dan kolonialisasi dunia baru oleh negara-negara Eropa pada abad ke-16 dan ke-17.

6. Peninggalan Kristoforus Columbus

Peninggalan Kristoforus Columbus dan perjalanannya yang mengubah sejarah melekat pada banyak aspek budaya Barat. Dia dikenang melalui karya sastra, lukisan, patung, film, perhiasan, dan bahkan jenis buah saja seperti anggur (?) Columbus hingga ke Hari Columbus yang dirayakan di Amerika Serikat dan negara lainnya.

7. Kontroversi

Meskipun dianggap sebagai pahlawan di Inggris dan dalam budaya Barat, kristoforus Columbus tetap kontroversial di dunia modern. Dia dianggap sebagai contoh manifestasi rasis dan imperialisisme Eropa, dengan menjadikan penduduk asli Amerika ke dalam sistem eksploitasi brutal berbasis kerja paksa dan penindasan yang menghasilkan genosida dan kerusakan untuk bangsa asli dan budaya mereka.

Kesimpulan

Misi Kristoforus Columbus untuk menemukan jalur laut alternatif ke barat menuju Asia memang menarik untuk ditelusuri. Meskipun ia tidak mencapai Bumi Nusantara, perjalanannya ke barat memperkenalkan Amerika kepada dunia dan memengaruhi sejarah penjelajahan, perdagangan, dan kolonialisasi dunia baru oleh negara-negara Eropa pada abad ke-16 dan ke-17. Namun, kesalahan dalam menghitung jarak dan akibat buruk penjajahan terhadap penduduk asli membuat nama Columbus tetap kontroversial hingga saat ini.

FAQ

Apa tujuan Kristoforus Columbus melakukan perjalanan?

Kristoforus Columbus memiliki impian untuk menemukan jalur laut alternatif ke barat menuju Asia, dengan maksud untuk memperdagangkan rempah-rempah secara langsung.

Mengapa Columbus dikenal sebagai penjelajah terkenal di Barat?

Kristoforus Columbus menjadi ikon yang membangkitkan semangat penjelajahan dan pengembangan di Eropa. Ia adalah salah satu pengilham untuk penjelajahan dan kolonialisasi dunia baru oleh negara-negara Eropa pada abad ke-16 dan ke-17.

Bagaimana pandangan orang tentang Columbus pada hari ini?

Meskipun dianggap sebagai pahlawan di Inggris dan dalam budaya Barat, kristoforus Columbus tetap kontroversial di dunia modern. Dia dianggap sebagai contoh manifestasi rasis dan imperialisisme Eropa.

Mengapa Columbus dikenal sebagai contoh dari konsep penindasan?

Kristoforus Columbus dianggap sebagai contoh manifestasi rasis dan imperialisisme Eropa, dengan menjadikan penduduk asli Amerika ke dalam sistem eksploitasi brutal berbasis kerja paksa dan penindasan yang menghasilkan genosida.

Apa saja pesan atau pelajaran yang dapat dipetik dari perjalanan Columbus?

Perjalanan Columbus memberikan pelajaran tentang bahaya penjajahan yang brutal, pemikiran yang sempit, dan kesalahan dalam menghitung jarak.

Apa peninggalan Columbus?

Peninggalan Kristoforus Columbus dan perjalanannya yang mengubah sejarah melekat pada banyak aspek budaya Barat. Dia dikenang melalui karya sastra, lukisan, patung, film, perhiasan, dan bahkan jenis buah saja seperti anggur Columbus.

Mengapa Columbus tidak pernah mencapai Bumi Nusantara?

Columbus hanya melakukan perjalanan ke arah barat dari Spanyol. Sehingga ia tidak pernah mencapai Bumi Nusantara.

Referensi

  1. “Christopher Columbus”. Encyclop√¶dia Britannica. Encyclop√¶dia Britannica, Inc. Retrieved 14 October 2021.
  2. Phillips, William D.; Phillips, Carla Rahn (1992). The Worlds of Christopher Columbus. Cambridge University Press.
  3. Adamson, John (2008). The Travelers’ World: Europe to the Pacific. Liverpool University Press.
  4. Zinn, Howard (2003). A People’s History of the United States (Subsequent ed.). HarperCollins. ISBN 978-0-06-052842-3.
  5. Thornton, Russell (1990). American Indian Holocaust and Survival: A Population History Since 1492. Pg. 30.
  6. Tellez, Hernando. Lost Raft of Columbus at the Bottom of the Ocean. ISBN 978-84-96400-29-5.
  7. “The Columbian Exchange”. The European Graduate School. Retrieved 1 November 2017.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments