Tuesday, March 5, 2024
HomeDekorasi RumahTrik Dekorasi Rumah Agar Tampak Lebih Luas dan Nyaman

Trik Dekorasi Rumah Agar Tampak Lebih Luas dan Nyaman

Daftar Isi

Trik Dekorasi Rumah Agar Tampak Lebih Luas dan Nyaman

Apakah kalian memiliki rumah dengan ruang yang sempit? Atau kalian merasa bosan dengan tampilan rumah kalian dan ingin ada perubahan? Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan trik dekorasi yang dapat membuat rumah kalian terlihat lebih luas dan nyaman.

1. Warna Cat

Warna cat dapat mempengaruhi suasana dan tampilan dari sebuah ruangan. Untuk membuat sebuah ruangan terlihat lebih luas, ada beberapa warna yang bisa kalian pilih, seperti putih, biru muda, atau hijau mint. Warna-warna tersebut memberikan kesan ruangan yang lebih terang dan bersih, serta memberikan kesan melebar pada ruangan. Sebaliknya, hindari warna gelap dan terlalu mencolok karena akan membuat ruangan terlihat sempit.

2. Penempatan Furniture

Penempatan furniture dapat mempengaruhi tampilan dan luasnya sebuah ruangan. Pilih furniture yang ukurannya sesuai dengan ukuran ruangan kalian agar tidak membuat ruangan terlihat penuh dan sempit. Selain itu, tata letak furniture juga penting untuk membuat ruangan terlihat lebih luas dan nyaman. Usahakan jangan menempatkan furniture dekat dengan dinding, tetapi coba atur beberapa furniture dengan jarak tertentu agar ruangan terlihat lebih leluasa.

3. Pencahayaan

Pencahayaan dapat memberikan kesan luas pada suatu ruangan. Coba gunakan lampu yang lebih terang dan pasang cermin yang besar pada dinding. Cermin akan memantu refleksi cahaya agar terasa lebih terang dan ruangan kalian akan terlihat lebih leluasa dan nyaman.

4. Penggunaan Gorden

Gorden adalah salah satu elemen penting dalam dekorasi rumah. Memilih gorden dengan warna yang pas dan desain yang sederhana dapat membuat ruangan terlihat lebih bersih dan rapi, sekaligus menambah kenyamanan saat berada di dalam ruangan. Pilih jenis gorden yang tipis dan tidak terlalu rapat, karena dapat memberikan kesan lebih lega pada ruangan serta membuat pencahayaan lebih terang.

5. Pemilihan Aksesoris

Aksesoris juga berperan dalam dekorasi rumah. Coba pilih aksesoris yang bisa membuat ruangan kalian nyaman dan memiliki tema khusus, seperti tanaman hias atau bantal sofa yang pas dengan warna dan tema rumah kalian. Aksesoris-aksesoris tersebut akan menambah nyaman dan menyenangkan bagi kalian saat berada di dalam rumah.

6. Pemilihan Karpet

Pemilihan karpet yang pas juga dapat memberikan perubahan yang signifikan untuk ruangan. Pilih karpet yang memiliki warna dan motif yang sederhana dan tidak terlalu mencolok agar tetap memberi kesan melebar pada ruangan. Selain itu, karpet juga dapat digunakan untuk membagi ruangan agar terlihat lebih leluasa.

7. Usaha Minimalis

Minimalis adalah salah satu gaya dekorasi yang sempurna untuk rumah yang tidak terlalu besar. Coba pilih beberapa elemen interior yang tua pada ruangan kalian dan usahakan meminimalisir jumlah furniture atau hiasan lainnya. Dengan begitu, ruangan kalian akan terlihat lebih lega dan luas serta akan semakin nyaman untuk dihuni.

FAQ

Q: Apakah harus menggunakan warna cat putih untuk seluruh ruangan agar terlihat luas?

A: Tidak harus. Warna biru muda atau hijau mint juga bisa memberikan kesan yang sama.

Q: Apa jenis gorden yang baik untuk membuat ruangan terlihat lebih luas?

A: Pilihlah jenis gorden tipis dan tidak terlalu rapat agar pencahayaan lebih terang dan memberikan kesan ruangan yang lega.

Q: Apakah bisa menyisakan beberapa space kosong dalam ruangan?

A: Tentu saja. Beberapa space kosong di ruangan dapat memberikan kesan melebar dan lega pada ruangan.

Q: Apa desain aksesoris yang bisa membuat ruangan terlihat lebih nyaman?

A: Desain aksesoris yang sederhana tetapi memiliki tema khusus, seperti tanaman hias atau bantal sofa yang pas dengan warna dan tema rumah kalian.

Q: Apakah selalu harus memilih furniture yang mungil untuk rumah yang tidak terlalu besar?

A: Tidak selalu. Namun penting untuk memilih ukuran furniture yang sesuai agar tidak membuat ruangan terlihat penuh dan sempit.

Q: Apakah dekorasi minimalis cocok untuk rumah yang kecil?

A: Cocok sekali, dekorasi minimalis dapat membuat rumah yang kecil terlihat lebih lega dan luas.

Q: Selain elemen-elemen tersebut, apa yang bisa membuat ruangan terlihat lebih luas dan nyaman?

A: Coba gunakan tampilan yang simpel dan bersih pada setiap elemen dekorasi, serta jangan terlalu memasukkan terlalu banyak furniture ke dalam ruangan.

Referensi

  1. https://www.urbanindo.com/blog/trik-mendekor-rumah-agar-terlihat-lebih-lega/
  2. https://www.atap.co.id/hunian/61285id/trik-mendekor-rumah-supaya-lebih-lega-meski-ruangan-terbatas
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments